Jonatan Christie Gagal Tembus Perempat Final

By Nad

nusakini.com - Internasional - Atlet badminton tunggal putra Jonatan Christie gagal melaju ke babak perempat final dalam ajang olahraga terbesar dunia, Olimpiade Tokyo 2020.

Jonatan dihadapkan dengan lawan dari Cina, Yuqi Shi. Banyak yang berharap Jonatan bisa maju sampai ke babak perempat final seperti Anthony Sinisuka Ginting, namun harapan ini pupus ketika atlet yang akrab disapa Jojo ini harus menelan kekalahan dua set langsung dengan skor 11-21 dan 9-21.

Tidak sedikit yang kecewa dengan penampilan Jonatan. Banyak warganet di Twitter yang mengatakan ia tampak tidak semangat dalam bermain dan cenderung "lemas". Ada juga yang bilang Jojo terlalu sering melakukan kesalahan dan sedikit memukul smash.

Indonesia memiliki harapan yang besar untuk bisa meraih medali emas di cabang olahraga badminton. Sejarah Indonesia di Olimpiade pun menunjukkan atlet-atlet tanah air mampu meraih prestasi tersebut seperti Susi Susanti, Alan Budikusuma, Rexy Mainaky dan Ricky Subagja, Tony Gunawan dan Candra Wijaya, Taufik Hidayat, Hendra Setiawan dan Markis Kido, serta Liliyana Natsir dan Tantowi Ahmad.

Sejauh ini, tujuh medali emas yang didapatkan Indonesia dalam Olimpiade semuanya berasal dari cabang olahraga badminton.

Namun, satu persatu atlet mulai gugur, selain Jonatan Christie, pasangan The Minions yang menempati peringkat satu dunia yaitu Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon juga harus pulang tanpa medali karena dikalahkan oleh lawan mereka di babak perempat final. Selain itu, atlet tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung juga dikalahkan dalam babak 16 besar. Begitu juga dengan pasangan ganda campuran Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti.

Hanya tersisa pasangan Hendra Setiawan dan Mohammad Ahsan yang akan bertanding di babak semifinal melawan pasangan dari Taiwan, Yang Lee dan Chi-Lin Wang. Pertandingan ini akan diadakan pada hari Jumat (30/7). Tunggal putra juga masih diwakili oleh Anthony Sinisuka Ginting dimana ia dijadwalkan akan melawan Viktor Axelsen dari Denmark pada hari Sabtu (31/7) dalam babak perempat final.

Pasangan ganda putri juga masih menyisakan harapan dengan Greysia Polii dan Apriyani Rahayu yang berhasil maju ke babak semifinal dan akan melawan pasangan Korea Selatan Sohee Lee dan Seungchan Shin pada hari Sabtu.